Di kasihi di Sorga

Bagaimana mengenal yang dikasihi dalam Sorga?

“John Maruli Situmorang” <jmaruli@unocal.com>

Apabila seorang yang dikasihi hilang dalam kematian kita bertanya, akan saya dengarkah suara yang penuh kasih itu kembali? Apakah saya akan mengenal ayah, ibu, saudara-saudara wanita di dunia yang berikut? Beberapa cara untuk mengenal kemungkinan yang kita kasihi masuk ke dalam sorga.

1. Apakah kita mengenal bagaimana rupa manusia dalam sorga ? “Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak, akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diriNya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaanNya yang sebenarnya.” I Yohanes 3:2.

2. Bagaimanakah keadaan tubuh orang-orang yang benar itu ? “Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuhNya yang mulia, menurut kuasaNya, yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diriNya.” Pilipi 3:20, 21.

3. Apakah Kristus mempunyai tubuh yang sebenarnya sesudah Ia melalui kematian ? Catatan: Ada tiga bukti yang positip bahwa Yesus mempunyai tubuh yang sebenarnya (nyata) sesudah Ia dibangkitkan. Pertama, murid-murid itu dapat melihatnya. Kedua, mereka dapat menjamahNya. Ketiga, Dia memakan makanan di hadapan mereka. Karena orang-orang yang benar harus seperti Yesus apabila Ia kembali sudah jelas bahwa mereka akan memiliki tubuh yang nyata. Baca Roma 8:11, 23. Sebagaimana Kristus dikenal sesudah melalui kematian, orang-orang benar itu dapat mengharapkan pengenalan yang sama.

4. Bagaimana Maria mengenal Yesus pada pagi kebangkitanNya itu ? “Baca Yohanes 20:11-16. Apabila Yesus menyebut namanya Maria mengenalNya dari suaraNya.

5. Bagaimana murid-murid itu mengenal Kristus? Baca Yohanes 20:19’ 26-29. Mereka mengenalNya dari rupaNya – Dia kelihatan sama. Semua ketidaksempurnaan akan lenyap tetapi tidak menghilangkan identitas pribadi.

6. Bagaimana lagi Kristus dikenal ? Baca Lukas 24:13-35. “Mereka mengenal Dia pada waktu memecah-mecahkan roti.” KebiasaanNya ialah mengangkat tanganNya sementara memberkati makanan itu.

Kesimpulan

Alkitab menjelaskan bahwa identitas kita tidak akan hilang dalam kerajaan sorga. “Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapanKu, demikianlah firman Tuhan, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.” Yesaya 66:22. Baca juga Matius 8:11. Kita juga mengenal banyak orang dalam sorga yang belum pernah kita jumpai di dunia. Markus 9:2-5 menceritakan tentang Petrus, Yabokus, dan Yohanes yang mengenal Musa dan Elia di atas gunung kemuliaan atau perubahan rupa walaupun mereka tidak pernah berkenalan sebelunnya. Kita akan mengenal orang-orang lebih baik dari pada waktu kita mengenalnya di dunia ini. Baca I Korintus 13:9-12. Yesus berkata, “Sebab inilah kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.” Yohanes 6:40

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: