Yerusalem Baru

Yerusalem Baru

“John Maruli Situmorang” <jmaruli@unocal.com>

Ketika Yesus hendak meninggalkan dunia ini Dia katakan banyak tempat tinggal dalam rumah BapaNya dan Ia  menjamin kepada murid-muridNya bahwa Ia pergi ke sana untuk menyediakan tempat bagi semua orang benar sebelum kembali menjemput mereka supaya bersama-sama dengan Dia. Baca Yohanes 14:1-3.

1. Tempat yang bagaimanakah diharapkan Abraham untuk didiami ? “Sebab ia menanti-nantikan  kota yang mempunyai dasar, yang direncakan dan dibangun oleh Allah.” Ibrani 11:10

2. Tempat yang bagaimanakah sedang disediakan  Kristus ? “Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik, yaitu satu tanah air sorgawi.  Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.” Ibrani 11:16

3. Apa nama kota itu ? “ Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, dan ialah ibu kita.” Galatia 4:26

4. Ketika Yohanes melihat Yerusalem Baru apa yang terjadi ? “Dan saya Yohanes melihat kota yang kusud, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagiaikan pengantian perempuan yang berdandan untuk suaminya…….Dan di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kusud itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.” Wahyu 21:2, 10.

5. Berapa luaskah Yerusalem Baru itu ? “Kota itu bentukanya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya.  Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu, dua belas ribu mil panjangya dan lebarnya dan tingginya sama.” Wahyu 21:16.  Catatan: Keliling kota itu 12.000 furlong (satu furlong = 1/8 mil Inggris —220 yard atau 201 meter). Dengan menggunakan 8 furlong untuk satu mil kota ini akan menjadi 1500 mil keliling, atau 375 mil setiap sisi.

6. Berapa tinggi temboknya ? “Lalu ia mengukur temboknya : seratus empat puluh empat hasta, menurut ukuran manusia, yang adalah juga ukuran malaikat.” Wahyu 21:17. Catatan: Karena tembok itu diukur 144 hasta, diwujudkan menjadi kaki—dengan menggunakan 18 inchi kepada hasta—ini berarti bahwa tembok itu 216 kaki tinggi.  Bagaimana ini dapat sesuai dengan bagian terakhir dari ayat 16, dimana dikatakan panjanya “sama” dengan lebarnya? Ini hanya mengatakan bahwa tingginya seimbang dengan ukuran-ukuran lainnya.

7. Bahan-bahan utama apa yang digunakan dalam bangunannya ? Temboknya ialah yaspis.  Kota itu sendiri terutama terbuat dari emas.  Gerbang-gerbangnya ialah mutiara.  Baca  Wahyu 21:18,21.  Fondasi kota itu terbuat dari segala macam batu-batu berharga. Baca Wahyu 21:19,20.

8. Nama-nama apa tertulis pada kedua belas gerbang itu ? “Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu  gerbangnya dua belas buah , dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama keduabelas suku Israel.” Wahyu 21:12

9. Nama-nama apa tertulis pada kedua belas fondasi kota itu ? “Dan tembok kota itu mempunyai dua belas  batu dasar dan dia atasnya tertulis  nama kedua belas suku Israel .” Wahyu 21:12

Kesimpulan

Yohanes menyebutkan dalam Wahyu 21:23,25 dan Wahyu 22:5 bahwa dalam kota itu tidak ada malam. Ini tidak berarti bahwa matahari bulan tidak ada lagi. Dijanjikan  dalam Kejadian 8:22 bahwa siang dan malam tidak akan berakhir. Tampaknya kemegahan kemuliaan dari Allah yang kekal itu lebih cemerlang dari matahari sehingga matahari dan bulan tidak kelihatan kepada  siapapun dalam kota itu, sebagaimana bintang-bintang tidak kelihatan pada siang hari tertelan oleh sinar matahari .  Baca Yesaya 24:33. Tetapi, menurut Yesaya 30:26 siang dan malam dalam Dunia Baru itu malah akan lebih mulia. Tabiat  orang-orang ynag memasuki kota itu dinyatakan oleh tabiat orang-orang yang tidak masuk ke dalamnya.  Baca Wahyu 21:27.  Marilah kita rencanakan supaya berada disana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: