Mulutmu Harimaumu


By Maxi Lengkey
Matius 12:35-37; Efesus 4:29

Mungkin kita harus senantiasa mengingat hari penghakiman agar lebih dapat mengendalikan lidah kita. Dalam Matius 12:36, Tuhan Yesus dengan jelas mengatakan: ” Tetapi aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman”

Apa yang dimaksud dengan perkataan sia-sia? Ada tiga jenis perkataan yang dapat dikategorikan dalam kata sia-sia, yaitu :

Pertama, perkataan yang kotor.
Perkataan kotor adalah kata-kata yang dianggap tabu dan kata -kata yang mengandung pornografi.Oleh karena itu Paulus menulis kepada jemaat di Efesus . Dalam Efesus 4:29 dikatakan, “janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, dimana perlu supaya mereka yang mendengarnya boleh beroleh kasih karunia”.

Kedua, perkataan yang kosong.

Ada orang yang terjebak dalam perkataan kosong atau membual supaya dia terlihat hebat.Apakah gunanya kita membual supaya terlihat hebat tetapi sesungguhnya kita berjiwa kerdil? Buanglah racun perkataan kosong dari lidah kita sehinga lidah kita menjadi sehat. Jadilah orang hebat dengan memperkatakan yang sebenarnya. Dalam I Samuel 2:3 dikatakan: ” Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena Tuhan itu Allah yang maha tahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji”.

Ketiga, perkataan yang sembrono.
Banyak orang Kristen yang suka latah, bahkan bahkan dengan nama Tuhan dengan sembarangan. Ketika dikejutkan oleh sesama, lidah kita latah menyebut nama Tuhan. Sebutlah nama Tuhan dengan hormat karena, Dia mulia. Atau ada orang dengan sembrono menggunakan nama Tuhan untuk membenarkan dirinya sendiri, dengan berani berkata, ” Tuhan memberitahu saya………” Tuhan memerintahkan kita untuk tidak menyebut namaNya dengan sembarangan karena Tuhan menganggap bersalah orang yang menyebut namaNya dengan sembarangan (Keluaran 20:7).

Jadi apa yang harus kita katakan supaya pekataan kita tidak sia-sia?..perkatakanlah Firman Allah karena itulah yang menghidupkan kita…” manusia hidup bukan dari roti saja tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: