Rambut Rontok

Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Rambut rontok adalah sebuah masalah yang cukup merepotkan bagi sebagian orang. Permasalahan rambut rontok bisa dialami oleh semua orang, baik dari jenis kelamin maupun usia. Namun bagi anda yang sedang mengalami masalah ini tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengatasi rambut rontok anda. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak semua cara mengatasi rambut rontok yang dijelaskan, bisa cocok atau berlaku pada setiap orang. Banyak faktor yang harus anda ketahui yang menjadi penyebab rambut rontok anda. Oleh sebab itu, cara mengatasi rambut rontok pun juga ada beragam, tergantung dari kondisi setiap orang. Adapun faktor-faktor penyebab rambut rontok adalah sebagai berikut :

1. Kebiasaan yang tidak baik dalam merawat rambut

  • Memakai sisir yang bergerigi rapat, sering memanaskan rambut dengan flat iron, hot curling, maupun hairdryer.
  • Mengikat rambut terlalu ketat.
  • Mencuci rambut terlalu sering dalam sehari yang membuat kadar minyak alami rambut akan berkurang sehingga dapat membuat rambut lebih mudah patah.
  • Jarang mencuci rambut akan membuat rambut kusut sehingga susah untuk disisir. Dan saat rambut anda disisir pada kondisi seperti ini, maka memungkinkan rambut akan lebih mudah rontok.

2. Kondisi tubuh yang tidak sehat

Rambut rontok juga bisa diakibatkan karena kondisi tubuh yang sedang tidak sehat seperti beberapa hal berikut ini :

  • Anemia
    Rambut rontok yang disebabkan anemia dapat terjadi karena tubuh kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat ini berperan dalam kesehatan folikel rambut. Solusinya adalah konsumsi suplemen zat besi dan kombinasikan dengan vitamin C. Vitamin C ini membantu penyerapan zat besi secara mudah dan efektif
  • Stres
    Stres juga menjadi biang keladi rontoknya rambut. Intinya anda harus menghindari tekanan dan stres entah itu dengan cara terapi, meditasi, yoga, melakukan hal yang disenangi, maupun hal-hal lainnya.
  • Kurang kalori
    Anda sedang melakukan program diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan? Maka tidak heran jika rambut anda mudah rontok, karena diet ini membuat anda dehidrasi, keram, dan keletihan. Anda disarankan untuk terus mengonsumsi protein yang cukup dalam diet anda, karena protein adalah zat yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.
  • Mengonsumsi obat-obat tertentu
    Obat seperti diuretik, pil Rx, dan antidepresan mempunyai efek samping yakni rambut yang mudah rontok. Jika anda sedang dalam kondisi yang mengharuskan mengonsumsi obat-obat tersebut, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter anda agar diberikan saran terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Faktor Genetik

Rambut rontok juga bisa karena faktor genetik atau keturunan.

Selain faktor dan solusi yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam mencegah dan mengatasi rambut rontok, yakni :

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda dengan makanan bergizi terutama yang mengandung zat besi dan protein. Seperti yang diulas sebelumnya bahwa kedua zat ini mempunyai peranan penting bagi kesehatan rambut. Anda bisa menemukan sumber protein yang baik pada telur, ikan, kedelai, kacang-kacangan, yogurt, dan lain sebagainya.
  2. Oleskan kondisioner yang memiliki kandungan ginseng agar rambut tetap sehat dan tidak mudah patah.
  3. Saat anda menggunakan kondisioner, sisir rambut anda dengan sisir yang bergigi tidak rapat/jarang.
  4. Selektiflah dalam memilih sampo. Anda bisa menggunakan sampo herbal atau sampo-sampo lainnya yang berkualitas dan sudah terbukti dalam mengatasi rambut rontok.
  5. Hindari mencuci rambut dengan air panas.
  6. Hindari hairdryer ataupun handuk saat ingin mengeringkan rambut. Anda cukup mengeringkan rambut dengan diangin-anginkan saja.
  7. Gunakan hair tonic atau serum penyubur rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng sangat bagus dalam merangsang pertumbuhan rambut baru.
  8. Hindari minuman yang mengandung kafein, karena zat ini tidak baik untuk pertumbuhan rambut.
  9. Kurangi pemakaian gel rambut, minyak rambut, spray rambut, pewarna rambut, dan krim. Cobalah untuk menggunakan produk yang terbuat dari bahan alami.
  10. Masker rambut juga dapat sebagai nutrisi yang dapat memulihkan kesehatan rambut. Gunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.
  11. Saran terakhir adalah, periksalah dengan dokter ahli dermatologi terdekat agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Demikian artikel singkat tentang rambut rontok dan cara pencegahan serta penanganannya. Semoga bermanfaat..

(Source : http://artikelkesehatan99.com/rambut-rontok-dan-cara-mengatasinya/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: